Selasa, 12 Januari 2016

Filum Echinodermata

FILUM ECHINODERMATA
LAPORAN PRAKTIKUM AVERTEBRATA AIR















Disusun Oleh
Ahadiftita Hafsha Khairunnisa
1114111004
JURUSAN BUDIDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2012


1.    Filum Echinodermata, sesuai dengan bentuk tubuhnya memiliki ciri khas yang membedakan dengan avertebrata lain. Apakah ciri tersebut ? mengapa disebut demikian ?
Echinodermata (dalam bahasa yunani, echino = landak, derma = kulit) adalah kelompok hewan triopoblastik selomata yang memilki ciri khas adanya rangka dalam (endoskeleton) berduri yang menembus kulit. Bentuk tubuh Echinodermata ada yang seperti bintang, bulat, pipih, bulat memanjang, dan seperti tumbuhan. Tubuh terdiri dari bagian oral (yang memiliki mulut) dan Aboral (yang tidak memiliki mulut).
Permukaan Echinodermata umumnya berduri, baik itu pendek tumpul atau runcing panjang.Duri berpangkal pada suatu lempeng kalsium karbonat yang disebut testa.Sistem saluran air dalam rongga tubuhnya disebut ambulakral. Ambulakral berfungsi untuk mengatur pergerakan bagian yang menjulur keluar tubuh, yaitu kaki ambulakral atau kaki tabung ambulakral.Kaki ambulakral memiliki alat isap. Sistem pencernaan terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Sistem ekskresi tidak ada. Pertukaran gas terjadi melalui insang kecil yang merupakan pemanjangan kulit. Sistem sirkulasi belum berkembang baik. Echinodermata melakukan respirasi dan makan pada selom. Sistem saraf Echinodermata terdiri dari cincin pusat saraf dan cabang saraf. Echinodermata tidak memiliki otak. Untuk reproduksi Echinodermata ada yang bersifat hermafrodit dan dioseus.
Echinodermata merupakan hewan yang hidup bebas. Makanannya adalah kerang, plankton, dan organisme yang mati.Habitatnya di dasar air laut, di daerah pantai hingga laut dalam.
Echinodermata bersifat dioseus bersaluran reproduksi sederhana.Fertilisasi berlangsung secara eksternal. Zigot berkembang menjadi larva yang simetris bilateral bersilia. Hewan ini juga dapat beregenerasi. Echinodermata dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu Asteroidea, Ophiuroidea, Echinoidea, Holothuroidea, dan Crinoidea (http://gurungeblog.wordpress.com/2008/11/12/mengenal-seluk-beluk-phylum-echinodermata/)

2.    Gambar dan berilah keterangan pada sediaan bintang laut ! identifikasi papula, pedicellariae, bintik mata dan madreporite-nya.
 

Gambar 1. Bintang laut (Asteroidea sp)

Bintang laut merupakan hewan avertebrata laut yang termasuk dalam filum Echinodermata, dari kelas Asteroidea. Pada bintang laut terdapat madreporite­, serta bintik mata yang terletak pada sisi aboral yaitu yang letaknya berada pada persimpangan empat dari dua penjuluran lengan bintang laut. Madreporite merupakan bagian dari sistem ambulakral yaitu lubang tempat masuknya air dari luar tubuh, menuju kesaluran batu, saluran cincin, saluran radial dan meluas keseluruh tubuh. Sistem ini berfungsi untuk bergerak, bernafas atau membuka mangsa. Pada bintang laut ini, air laut masuk melalui lempeng dorsal yang terdapat lubang kecil (madreporit) menuju ke pembuluh batu. Kemudian dilanjutkan ke saluran cincin yang mempunyai cabang ke lima tangannya atau disebut saluran radial selanjutnya ke saluran lateral. Pada setiap cabang terdapat deretan kaki tabung dan berpasangan dengan semacam gelembung berotot atau disebut juga ampula. Dari saluran lateral, air masuk ke ampula. Saluran ini berkahir di ampula.
Selain itu dari bagian-bagian bintang laut di atas kita dapat mengidentifikasi dinding selom yang menonjol berbentuk kantong yang disebut papulae. Branki (papulae) muncul diantara papan-papan kapur, dan berfungsi sebagai alat pernapasan dan ekskresi. Dan seluruh tubuhnya tertutup duri/modifikasi duri (pedicellariae), semua duri ada di seluruh permukaan tubuh kecuali pada lekuk sisi oral yang disebut celah ambulakral. Duri - duri ini juga berfungsi sebagai alat tambahan dan berbentuk seperti angkup (forsep) yang berguna untuk menghilangkan benda-benda asing pada permukaan tubuhnya (http://jdwijaya.wordpress.com/article/)

3.    Bagaimana cara gerak bintang ular jika dibandingkan dengan bintang laut?
Pada bintang ular :
Bintang ular menggunakan lengan mereka untuk bergerak. Mereka, tidak seperti bintang laut, bergantung pada kaki tabung. Bintang laut bergerak dengan menggerakan lengan mereka yang sangat fleksibel dan membuat mereka bergerak seperti ular. Pergerakan mereka mirip dengan hewan simetri bilateral.

Pada bintang laut :
Bergerak dengan alat gerak yang berupa kaki tabung. Pergerakan pada kaki tabung terjadi karena adanya kontraksi pada bagian ampula, sehingga air tertekan masuk kedalam kaki tabung yang mengakibatkan kaki tabung berubah menjulur panjang. Pada jenis bintang laut tertentu, kaki tabung dilengkapi oleh sacker (penghisap). Sacker berfungsi penghisap pada permukaan substrat sehingga dapat menempel ataupun memegang benda dibawahnya. Apabila bintang laut akan bergerak ke sebelah kanan, maka kaki tabung sebelah kanan akan memegang benda di bawahnya dan kaki lainnya akan bebas. Selanjutnya ampula mengembang kembali dan air akan bergerak berlawanan dengan arah masuk. Kaki tabung sebelah kanan yang memegang objek tadi akan menyeret tubuh hewan ini ke arahnya. Begitulah cara hewan ini bergerak.
(id.wikipedia.org/wiki/Bintang_laut)

4.    Gambar dan berilah keterangan pada salah satu sediaan bulu babi !

Gambar 2. Bulu Babi (Echinoidea sp)















Bulu babi adalah anggota phylum Echinodermata, meliputi bintang laut, ketimun laut, bintang rapuh, dan crinoids. Seperti echinoderms lain bulu babi mempunyai bentuk lima simetri (disebut pentamerisme) dan pergerakkan denga pertolongan ratusan tiny kecil, transparan, melekat " kaki tabung ". Pentamerous simetri tidak jelas nyata pada peristiwa kebetulan tetapi mudah dilihat di kulit bulu babi kering atau test. Bersama dengan ketimun laut (Holothuroidea), menyusun subphylum Echinozoa, yang digambarkan terutama mempunyai bentuk globoid tanpa lengan atau memproyeksikan sinar. Bulu babi atau urchin adalah binatang kecil, berbentuk bulat, bertulang belakang, yang merupakan bagian dari kelas Echinoidea. Bulu babi ditemukan seluruh samudra di dunia. Kulit atau "Test", mebentuk putaran dan bertulang belakang, secara khas dari 3 sampai 10 cm berhadapan. Warna umum hitam dan paduan dari hijau olive,, zaitun, coklat, ungu, dan merah. Pergerakkan pelan, Makanan kebanyakan dari ganggang. Berang-Berang Laut, Ikan belut Serigala, dan pemangsa lain merupakan predator bulu babi. Bulu babi juga dipanen oleh manusia dan rusa kecil sebagai makan yang lezat.
(http://danarprasetyo-scientific.blogspot.com/2011/11/bulu-babi.html)

5.    Apa beda endoskeleton dan dinding tubuh teripang jika dibandingkan dengan bintang laut (pikirkan tentang calcareous ossicles dan otot-ototnya)?

Gambar 3. Teripang (Holothuridea sp)
teripang
 











Teripang tidak seperti bintang laut, pada teripang duri – duri tubuhnya lebih lunak dan tidak dilapisi oleh zat kapur dan bagian endoskeletonnya lebih tebal jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh bintang laut. Teripang memiliki muscle yang tebal dan tubuhnya mengeluarkan lendir.

6.    Apa yang anda ketahui tentang “Sand Dollar”? hewan apakah itu, buatlah gambar, dan mengapa disebut demikian?

Gambar 4. Dolar Pasir
 














Dolar pasir umum (Echinarachnius parma) adalah spesies dolar pasir asli dari belahan bumi utara . Dolar pasir ini dapat ditemukan di pantai timur Amerika Utara dari New Jersey utara, serta di Alaska , Siberia , British Columbia , dan Jepang . Hewan ini mendiami daerah terpencil di daerah dengan dasar berpasir hingga kedalaman 5.000 kaki (1.500 m). Bagian luar dari dolar pasir berbentuk bulat, datar dan seperti piringan, biasanya memiliki diameter berukuran 3 inci (7,6 cm). Seluruh bagian luar juga ditutupi dengan marun berwarna dan ada semacam duri yang bergerak. Warna cokelat keunguan, tapi dolar pasir ini menjadi putih ketika terdampar. (en.wikipedia.org/.../Echinarachnius)

7.    Apa yang anda ketahui tentang “Lentera Aristoteles”? Bagian dari tubuh hewan apakah itu ?
Lentera Aristoteles merupakan alat pencernaan khas dari kelompok bulu babi atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai sea urchin. Organ tersebut berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanannya yang berupa alga (ganggang) atau sisa-sisa organisme. Beberapa literatur berbahasa Indonesia ada yang menyebut lentera Aristoteles sebagai tembolok kompleks.
Eleni Voultsiadou dan Chariton Chintiroglou dalam buku mereka berjudul "Aristotle's Lantern in Echinoderms: An Ancient Riddle" menyebutkan bahawa sebenarnya istilah lentera Aristoteles mengacu pada keseluruhan bentuk bulu babi yang terlihat seperti lampu kuno zaman Aristoles. Dalam bukunya yang berjudul "History of Animals", Aristoteles menyebutkan bahwa istilah tersebut muncul karena tampilan luar aparatus mulut sea urchin  tampak seperti lentera tanduk (http://katakatakana.multiply.com/journal/item/62/Lentera-Aristoteles)

8.    Apa yang anda ketahui tentang “Comet”, apakah fungsinya? Hewan apakah yang dapat membentuk demikian?
Komet adalah bentuk yang dihasilkan oleh laevigata linckia, yaitu sejenis bintang laut di perairan dangkal tropis Indo Pasifik. Morph warna yang paling umum ditemukan adalah murni, gelap atau biru terang.
Bintang laut dapat tumbuh sampai 30 cm dengan diameter tipis bulat pada setiap lengan panjang, memiliki tekstur sedikit tubular (http://myaluzz.wordpress.com/2010/01/16/echinodermata/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar